Selamat Datang Di Blog Saya

Selasa, 11 Oktober 2011

Aplikasi Web dengan PHP dan Oracle Database

Membangun suatu sistem database yang memumpuni merupakan hal yang logis bagi para developer database maupun seorang dba. Menggunakan toolls RDBMS Oracle merupakan langkah awal yang progresif untuk melakukan itu semua. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan kebutuhan pasar masyarkat informasi kekinian, maka sistem basis data yang dibangun tersebut harus pula dapat mensupport pengembangan aplikasi yang berbasiskan Web, baik itu dengan menggunakan tools berbasiskan ADO.NET/ teknologi dot net framework, juga PHP dan Web Server.
Timbul suatu pertanyaan, bagaimana kita dapat melakukan integrasi sistem antara Oracle dengan ADO.NET atau PHP + Web Server. Oracle Corp. Melalui Web Sitenya menjawab itu semua dengan artikel berbahasa inggris, lengkap dengan instalisasi software yang diperlukan dan petunjuknya ( ada yang free, trial dan buy). Dalam lembaran tulisan ini, kita akan coba membahas yang kedua yaitu mencoba melakukan integrasi melalui koneksi data base Oracle (khususnya Oracle Database 10) dengan Web Server dan Aplikasi PHP.
Andaikan tim “saya” diminta untuk membuat suatu aplikasi Web Informasi Sumber Daya Manusia sub data informasi pekerja dan departemen yang ada dalam perusahaan. Langkah pertama ialah kita menginstall dan mengkonfigurasi lingkungan kerja aplikasi PHP, yaitu dengan cara:
  1. Installisasi Apache Web Server berserta PHP versi terbaru.
  2. Testing running Web Server dan konfigurasi user directori
  3. Install Zen Core for Oracle
  4. Konfigurasi Zen Core for Oracle untuk menampilkan error message dalam pengembangan aplikasi PHP.
Apa itu Zend Core for Oracle
Zend Core merupakan salah satu distributor PHP yang berdasarkan Zend Framework (kerangka PHP yang Open Source), mendukung teknologi Apache dan MySQL, IBM DB2 Express-C databases. Selain itu Zend Core juga menyangga server jaringan IIS, Informix dan Oracle Databases. Bersifat power full dan mendukung banyak OS seperti Linux, Windows, Unix, i5/OS dan server Macintosh.
Kenapa Harus Zend Core for Oracle
Developer maupun sebuah Perusahaan yang memerlukan integrasi antara teknologi Web melalui PHP dengan Oracle database, maka Zend Core dapat mewujudkan itu. Integrasi tersebut mengedepankan sifat fungsionalitas, produktifitas, terpercaya dengan paket yang sederhana, instalisasi dan pengembangan.
Ungguh Zend Core for Oracle Software (Free)
Kembali kepada pokok permasalahan. Setelah installisasi dan konfigurasi selesai, maka hal lain yang harus segera dilakukan ialah:
  1. Koneksi ke data base Oracle
  2. Lakukan Query tabel departemen dan pekerja
  3. Tuangkan Query ke dalam format HTML
Adapun file-file yang perlu di bangun, setidaknya ialah:
  1. hr. php, merupakan tempat control logic aplikasi PHP yang bersifat user interface.
  2. hr_cn.inc, include file yang mendefinisikan properties koneksi database
  3. hr_ui.inc, include file yang menentukan fungsi dari user interface
  4. hr_db.inc, include file yang menentukan akses logic database, dan jangan lupa
  5. styles.css, untuk memberikan effect visual yang menarik pada tag HTML.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons